oleh

Update Real Count Caleg DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa: Petahana dan Wajah Baru Bersaing Ketat

SUMBAWA BARAT – Penghitungan suara pemilihan legislatif (pileg) DPR RI dapil NTB 1 Pulau sumbawa telah memasuki hari ketiga, Jumat, 16 Februari 2024.

Berdasarkan penghitungan real count yang dilakukan KPU menggunakan formulir C1 di laman resminya, pemilu2024.kpu.go.id, nampak persaingan yang begitu sengit pada dapil NTB 1 ini.

Sebab, dua petahana yang kembali bertarung, yakni H. Johan Rosihan, S.T. (PKS) dan Dr. H. Muhammad Syafrudin (PAN) menghadapi petarung politik yang tak mudah dilewati.

Pesaingnya ada Mahdalena, S.S., M.M. (PKB), H. Fahri Hamzah, S.E. (Gelora), Mori Hanafi (NasDem), Dr. Supratman, S.H, M.Hum. (Gerindra), Lalu Budi Suryata dari (PDIP), H. Qurais (Demokrat), dan Hj. Eliya (Golkar).

Lantas, bagaimanakah hasil penghitungan suara sementara pada hari ketiga ini?

Pantauan di laman resmi pemilu2024.kpu.go.id, Jumat, 16 Februari 2024 pukul 17.30 Wita, surat suara yang telah masuk berasal dari 2.188 TPS atau 46,42 persen.

Dari jumlah suara tersebut, di posisi pertama ada Caleg PKB nomor urut 1, Mahdalena, S.S, M.M., dengan 47.364 suara. Tidak ada yang menyangka bahwa Mahdalena bisa unggul dan mengalahkan nama-nama besar dan petahana yang telah malah-melintang begitu lama.

Posisi kedua dan ketiga diikuti dua petahana anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, yaitu H. Johan Rosihan, S.T. (PKS) dan Dr. H. Muhammad Syafrudin (PAN). Mereka masing-masing meraih suara sebanyak 24.394 untuk Johan dan 22.782 untuk Syafrudin.

Menempel ketat di bawah dua petahana, ada mantan Wakil Ketua DPR RI, H. Fahri Hamzah, S.E., dari Partai Gelora. Ia memperoleh jumlah suara sementara sebanyak 21.126. Kemudian, Mori Hanafi dari Partai NasDem dengan jumlah suara 19.972.

Selain kelima nama diatas, terdapat peluang nama lain yang diprediksi jumlah suaranya akan bertambah bahkan bisa menyalip. Di antaranya, ada Dr. Supratman, S.H, M.Hum., dari Partai Gerindra. Saat ini, dirinya memperoleh 15.638 suara.

Di bawahnya, ada Lalu Budi Suryata dari (PDIP) dengan 12.820 suara, H. Qurais (Demokrat) 10.586 suara, dan Hj. Eliya (Golkar) 9.764 suara.

Meski presentasi suara masih sangat kecil, tetapi potensi suara bertambah akan terlihat pada nama-nama di atas. Sebab, jumlah TPS yang masuk di Real Count baru 2.188 dari 4.713 TPS se-Pulau Sumbawa.

Sebagai informasi, dari sembilan nama caleg DPR RI dapil NTB 1 Pulau Sumbawa yang dirangkum, hanya akan ada tiga orang yang lolos. Dapil NTB 1 tersebut meliputi Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat.