oleh

Ratusan Rider Jajal Jalur Trabas Bonjeruk Lombok Tengah

LOMBOK TENGAH – Trabas jelajah alam Bonjeruk dalam rangka memperingati ulang tahun ke-166 Bonjeruk dilaksanakan di Lapangan Umum Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu, (3/9/2023).

Sebanyak 350 peserta dari berbagai kabupaten kota di Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga luar NTB seperti Bali hingga Jambi juga ikut berpartisipasi.

Bukan hanya trabasser senior, trabasser junior juga ikut berpartisipasi yaitu sebanyak dua orang anak laki dan satu orang perempuan namun mereka tidak mengikuti jalur ekstrem.

Trabas Jelajah Alam yang menjadi puncak peringatan ulang Tahun Bonjeruk ini menjadi ajang memperkenalkan Desa Bonjeruk sebagai Desa Wisata di Indonesia.

Kepala Desa Bonjeruk sekaligus ketua panitia Lalu Audia Rahman berharap agar kegiatan trabas jelajah alam ini dapat dijadikan sebagai event tahunan Desa Bonjeruk.

Kegiatan trabas alam diselenggarakan dengan tujuan untuk menegaskan posisi Desa Bonjeruk sebagai Desa Wisata di Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok Tengah.

“Saya berharap agar desa Bonjeruk bisa lebih maju ke depan, bisa lebih sejahtera masyarakatnya, dan tentu sebagai desa wisata sebanyak mungkin di desa kami. Dengan harapan itu semoga bisa terwujud tentu dengan kerjasama kami dengan Masyarakat Bonjeruk,” bebernya.

Sementara itu, anggota panitia Lalu Erwan Hidayat mengungkapkan, rute trabas jelajah alam Bonjeruk ini melewati sungai, jurang, air, bebatuan hingga rintangan buatan yang sengaja dibuat oleh panitia.

Trabasser tersebut melewati perkampungan yang bernama Bonjeruk Buah, selanjutnya Dusun Rejeng, SMPN 1 Jonggat, ke Arah Selatan menuju Dusun Bun Buak, tembus menuju ke Bun Mertak, Penanggak, melewati Jaket, masuk ke Perbatasan Ubung dan menuju ke aliran sungai Dalam dan finish di Lembah Sempage.

“Kami berharap teman-teman trabasser ini bisa terkesan sehingga tahun depan trabasser bisa lebih banyak dan lebih meriah lagi,” pungkas Lalu Erwan.

Dikatakannya, kegiatan ini memperebutkan motor jenis Honda Revo, sejumlah sepeda, dan seekor kambing yang akan diberikan kepada pemenang trabasser yang mendapatkan bola terbanyak.