Polda NTB Selidiki Anggota Polres Diduga Tembak Warga Sipil di Desa Belo Jereweh

SUMBAWA BARAT – Seorang warga Desa Belo, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), bernama Ramli Ramdani diduga ditembak oleh oknum anggota Polres Sumbawa Barat pada Sabtu malam, 24 Juni 2023.

 

Akibatnya, tiga peluru menembus kedua kaki korban. Ramli pun harus dilarikan ke rumah sakit pada hari yang sama, sekitar pukul 22.00 Wita.

Saat ini, Kepolisian Daerah (Polda) NTB, mengaku tengah melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut.

“Anggota tersebut sudah berada di Mataram, untuk dimintai klarifikasi oleh Bidang Profesi dan Pengamanan untuk proses lebih lanjut,” kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Senin, 26 Juni 2023.

Ia menjelaskan, proses klarifikasi dilakukan untuk memastikan apakah ada indikasi pelanggaran standar prosedur operasional dalam penggunaan senjata api atau tidak. Terlebih kasus ini berkaitan dengan masyarakat yang menjadi korban.

“Kami selidiki dulu kebenarannya dan saat ini masih terus berproses di Bid Propam,” jelasnya.

Sementara Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Yasmara Harahap melalui Kasi Humas, Ipda Eddy Soebandi mengaku prihatin atas terjadinya peristiwa tersebut.

“Kami meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi atas kejadian tersebut, dan kasus ini sudah berproses di Unit Paminal Propam Polres Sumbawa Barat, selanjutnya perkembangan kasus akan kami sampaikan kepada pihak keluarga secara langsung,” ucapnya, Senin, 26 Juni 2023.

Yasmara menghimbau agar seluruh masyarakat tetap menjaga kekondusifan dan kemananan wilayah.