oleh

LSI Denny JA: Elektabilitas Zul Kalahkan Rohmi 

 

MATARAM – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) merupakan daerah  dengan jumlah pemilih terbanyak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah itu mencapai 985.385 pemilih.

Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Deny JA menyebut, Dr. Zulkieflimansyah justru  merupakan bakal calon gubernur (Bacagub) dengan elektabilitas terkuat di Kabupaten Lombok Timur.

” Elektabilitas Dr. Zul di Lombok Timur belum terkalahkan,  mencapai 31,7 persen secara keseluruhan Dapil, meliputi 13,1 persen untuk Teritori Dapil III dan 18,6 persen untuk Teritori Dapil IV.  Sementara Hj. Rohmi dari keseluruhan Dapil mencapai 30,2 persen meliputi, 23,1 persen untuk Dapil III dan 7,1 untuk Dapil IV,” ungkap LSI DenyJA dalam lembaran hasil Survey periode 2024.

Dr. Zul  juga tercatat unggul di Teritori Dapil V Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Di dapil ini  elektabilitas Dr. Zul lagi lagi dalam posisi ‘ tak ada lawan ‘  yakni sebesar 30,0 persen. Sedangkan Rohmi hanya berada pada angka 4,4 persen.

” Dari survey ini keberadaan Musyafirin sebagai Bakal pendamping Hj. Rohmi  ternyata tidak memberikan efek positif untuk meningkatkan persentase elektabiltas Hj. Rohmi. Persentase elektabilitas Hj. Rohmi terseok dan nyaris terkejar dengan raihan elektabilitas Lalu Gita Ariadi sebesar 2,2 persen dan 1,1 persen elektabilitas Suhaeli,” rinci LSI.

Beralih ke Kabupaten Lombok Tengah. Di daerah dengan DPT 773.405 ini elektabis Suhaeli begitu sangat kokoh yakni pada angka 42,6 persen meliputi,  23, 8  persen untuk Dapil VII dan 18, 8  persen untuk Dapil VIII. Sementara elektabilitas Hj. Rohmi bertengger di posisi 2,5 persen untuk Teritori Dapil VII dan 3,8 persen untuk Dapil VIII.

”  Elektabilitas Suhaeli ini akan menjadi semakin tangguh jika diakumulasikan dengan jumlah elektabiltas Dr. Zul sebesar 23,8 persen meliputi, 8,8 persen untuk Dapil VII dan 15,0 persen untuk dapil VIII,” sebut LSI.

Tidak hanya tingkat elektabilitas, LSI Deny JA bahkan menunjukkan militansi simpatisan bakal calon Gubernur  (bacagub) NTB, Dr. Zulkieflimansyah tertinggi yakni sebesar 11,1 persen dari 21 nama kontestan lainnya.

Tiga kontestan tertinggi lainnya dibawah perolehan Dr. Zul yakni,  5.0 persen pemilih Suhaeli, 4,3 persen pemilih Indah Darmayanthi dan 2,8 persen pemilih Hj. Sitti Rohmi Djalilah. (***)