oleh

Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Antrean Kendaraan Mengular di Pelabuhan Poto Tano

 

SUMBAWA BARAT – Puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijrah tahun 2024 dari Pulau Sumbawa memuncak pada Minggu (21/4). Pemandangan antrean kendaraan yang mengular di Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat, terlihat sejak pagi hingga sore. Antrean truk fuso mengular hingga di luar area pelabuhan.

Sedangkan di dalam kawasan pelabuhan, antrean tak kalah panjang pada 2 dermaga dan didominasi kendaraan roda 2.

Jelo pemudik asal Kota Bima mengatakan, antrean truk panjangnya hingga 1 kilometer.

Sedangkan pada dermaga 1, antrean kendaraan roda 2 mencapai 100 meter dan dermaga 2 mencapai 150 meter, sementara para penumpang pejalan kaki juga terlihat padat di pelabuhan Poto Tano.

Antrean kendaraan di Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat, Minggu 21 April 2024.

“Mobil-mobil pemudik juga ngantre di dalam dermaga, kalau truk yang sampai di luar pelabuhan,” kata Jel kepada media ini, Minggu (21/4/2024) sore.

Untuk mengurai kemacetan, Petugas dari Polsek Pelabuhan Laut Poto Tano dibantu oleh TNI dan Dinas Perhubungan melakukan pengaturan lalu lintas. Mereka juga membuat kantong-kantong parkir untuk mengurai kemacetan.

Menurut Kapolsek Pelabuhan Laut Poto Tano, IPTU Nurlana mengatakan, kemacetan terjadi karena hari ini merupakan puncak libur lebaran dan libur sekolah. Selain itu, adanya perbaikan salah satu dermaga di pelabuhan kayangan Lombok Timur juga menyababkan terganggunya jadwal sandar kapal.

“Memang peningkatan jumlah kendaraan sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Namun, hari ini puncaknya diperkirakan sampai nanti malam,” ujar Nurlana.