oleh

Penemuan Mayat Bayi Terbungkus Jaket Gegerkan Warga Taliwang

SUMBAWA BARAT – Warga di Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, digegerkan dengan penemuan mayat bayi laki-laki. Mayat bayi malang itu ditemukan tergeletak di pinggir sungai brang batu, lingkungan Muhajirin, kelurahan Sampir, kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Penemuan mayat bayi berjenis kelamin laki-laki itu pertama kali diketahui oleh seorang warga setempat sekitar pukul 08.15 Wita, Senin (11/9) pagi. Warga tersebut sedang menuju ke sungai untuk mencari udang dan curiga saat melihat buntelan jaket warna merah tak biasa dipinggir sungai. Saat dibuka buntelan itu ternyata berisikan mayat bayi lengkap dengan ari-arinya.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa Barat, Iptu Abisatya Darma Wiryatmaja mengatakan, pihaknya  mendapatkan laporan dari Polsek Taliwang dan langsung menerjunkan tim identifikasi ke lokasi penemuan sekaligus melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara).

“Warga atau saksi pertama yang melihatnya kemudian mengajak temannya dan langsung melaporkan ke Polsek Taliwang. Polsek lapor ke kami (Polres) dan langsung kami turunkan tim identifikasi,” terangnya.

Dijelaskan Abisatya, identifikasi awal pihaknya jika kemungkinan orok tersebut dibuang telah dalam keadaan meninggal. Ini dikuatkan juga dari keterangan warga di sekitar lokasi penemuan yang mengaku tidak pernah mendengar adanya suara tangisan bayi sejak malam hari.

“Ini kesimpulan awal kami ya. Mungkin sudah meninggal sebelum dibuang,” paparnya.

Saat ini, sambungnya, penemuan mayat bayi yang diperkirakan belum berumur 1 hari tersebut masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. Pihaknya juga masih terus menyisir informasi dari warga di sekitar lokasi temuan mayat bayi itu di lingkungan Muhajirin, kelurahan Sampir.

“Kami masih lidik untuk mencari si pembuang bayi. Harapan kami kepada warga sekitar sekiranya punya informasi bisa menginfokan ke kami,” katanya.

Sementara itu, jasad bayi laki-laki itu telah dimakamkan oleh warga di area pemakaman setempat. Setelah sebelumnya semoat dibawa ke RSUD Asy Syifa untuk diautopsi.