oleh

Kapal Feri Diterjang Gelombang Tinggi di Selat Alas, Truk Terguling Timpa Kendaraan Lain

SUMBAWA BARAT – Cuaca ekstrem melanda sebagian besar wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) seperti angin kencang dan gelombang tinggi. Gelombang tinggi terjadi di penyeberangan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menuju Kayangan, Lombok Timur.

Belasan kendaraan motor hingga truk muatan kapal terguling akibat dihantam gelombang yang diprediksi mencapai lebih dari 2 meter pada Minggu malam (2/7/2023).

Peristiwa itu direkam dan diabadikan oleh penumpang kapal. Dalam video yang beredar, penumpang kapal histeris melihat kondisi kendaraan muatan kapal Feri yang bergoyang hingga terguling akibat dihantam gelombang tanpa henti.

Peristiwa itu diketahui dialami oleh salah satu kapal Feri penyeberangan di Selat Alas tepatnya di Penyebaran Poto Tano menuju Pelabuhan Kayangan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Zainul Abdul Madjid Nur Siti Zulaichah mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan.

“Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai lebih dari 2 meter,” katanya, Senin (3/6/2023).

Tak hanya itu, masyarakat juga diimbau untuk waspada terhadap bahaya cuaca buruk lainnya. Seperti hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir hingga tanah longsor.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan hati-hati terhadap bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, petir dan pohon tumbang,” pungkasnya.(ril)