oleh

Arus Balik Lebaran, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Poto Tano

SUMBAWA BARAT – Hasil pantauan pada hari ini, Selasa, 25 April 2023, merupakan hari terakhir cuti bersama lebaran 2023. Pelabuhan Poto Tono, Kabupaten Sumbawa Barat, dipadati ribuanan kendaraan roda dua dan empat yang hendak kembali menyeberang menuju Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur.

Kepadatan yang terjadi bukan hanya karena arus balik. Namun, karena antrean tiket dan antrian top up e-money. Antrian tersebut tampak panjang hingga luar loket.

Adanya antrian panjang membuat salah satu penumpang kesal. “Kalau ngantre musim mudik gini wajar apalagi saat arus mudik. Tetapi ini antrean di loket tidak karuan, tidak ada yang atur,” kata Iwan kepada wartawan, Selasa, (25/4/2023).

Iwan juga menceritakan, dirinya telah mengantre lama dan petugas di pintu masuk mengharuskan untuk cashless pembelian tiket.

“Saat saya di depan loket, petugasnya bilang kalau saldo saya habis dan kartunya tinggal satu. Dengan antrean yang panjang, saya pun bertanya gimana. Alhasil, dibolehkan menggunakan tunai,” jelas Iwanan.

Adanya kebijakan cashless untuk pembelian tiket menggunakan e-money di Pelabuhan Poto Tano, tampaknya belum berlaku menyeluruh. Sehingga, bagi pemudik yang terbiasa menggunakan tunai pun tampak kebingungan karena harus melakukan top up terlebih dahulu.

Hal ini dirasakan oleh penumpang lain bernama Rian. “Katanya supaya tidak antre di loket, tetapi kita harus top up juga. Sedangkan, antrean top up juga ramai, jadi tetap saja lama,” jelasnya.

Rian menambahkan, di musim puncak arus balik begini seharusnya bisa menerima segala macam pembayaran.

“Tunai bisa, cashless, scan QRIS, dan lain-lain. Penambahan loket juga perlu supaya antreannya tidak mengular,” tutupnya.