Gubernur: Dermaga Labuan Lalar Beroperasi Juni Mendatang

SUMBAWA BARAT – Konektivitas antar Pulau di Nusa Tenggara Barat menjadi atensi Pemerintah Provinsi saat ini, terutama dengan adanya beberapa event international di Propinsi yang terdiri dari dua Pulau besar Lombok dan Sumbawa ini.

Salah satu pintu masuk di Pulau Sumbawa bagian barat yakni Dermaga Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat sejak beberapa tahun nyaris tidak beroperasi.Beberapa langkah dan upaya telah dilakukan agar Dermaga ini segera beroperasi.

Kabar baik terkait keberadaan Dermaga yang dibangun sejak Bupati KSB sebelumnya itu, akan segera beroperasi menyusul ketersediaan kapal cepat milik Sekongkang Trans yang menurut rencana akan membuka rute dari Dermaga Labuhan Lalar di Pulau Sumbawa menuju Telong-elong di Lombok Timur.

Gubernur NTB, Dr.Zulkieflimanyah menegaskan ijin terkait operasional Dermaga Labuhan Lalar dan Kapal Cepat ini agar segera di proses.

“ Minggu depan Insya Allah kita akan buka jalur pelayaran menuju Dermaga Labuhan Lalar ini dengan kapal cepat, dengan begitu pelayaran anta Pulau Lombok dan KSB kedepan hanya butuh waktu 30 menit,”terang Dr. Zulkieflimansyah kepada media ini sesaat setelah acara Sadekah Dilaok di Desa Labuhan Lalar, Rabu (25/5/2022).

Bang Zul sapaan akrab  Gubernur NTB asal Sumbawa itu, lebih jauh mengatakan konektivitas antar Pulau Lombok dan Sumbawa menjadi sangat penting terutama dengan adanya event international seperti Moto GP di Pulau Lombok dan MX GP Samota di Sumbawa.

Dengan adanya event Moto GP di Pulau Lombok tahun ini dalam 3 hari saja dikatakan bang Zul, uang yang beredar mencapai angkai 600 Milyar lebih.

“ Ini gerakan Ekonomi yang luar biasa, imbas dari event International kita berharap tamu yang datang ke NTB bukan hanya di Pulau Lombok tapi juga di Pulau Sumbawa, karena itu dibutuhkan konetiktivitas termasuk dengan adanya pelayaran cepat antar Pulau ini di Labuhan Lalar KSB, “pungkas Bang Zul.(*)