Adeni Muhadi Saputra Nakhodai HIPMI Sumbawa Barat

SUMBAWA BARAT – Adeni Muhadi Saputra, ST resmi terpilih sebagai ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Kabupaten Sumbawa Barat periode 2022 -2024.

Putra Pertama Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Muhammad Nur, SH itu terpilih secara aklamasi dalam musyawarah cabang (Muscab) HIPMI Sumbawa Barat di Ex Ex Resto Kota Taliwang pada Kamis (17 /2/2022).

Adeni Muhadi Saputra, ST , dalam sambutannya usai kegiatan itu mengatakan HIPMI merupakan wadah untuk tempat berjejaring. Artinya di HIPMI jaringannya sangat luas dan rasa kekeluargaan sangat besar untuk saling membantu sesama kader. HIPMI juga bebas masuk kalangan dari manapun, asalkan ada usaha, NIB dan NPWP.

“Semua orang bebas bergabung di HIPMI, asalkan bisa melengkapi persyaratan dan ada usahanya,” tutur Putra kelahiran Desa Seloto Adeni Muhadi Saputra.

Fungsi HIPMI sendiri, lanjut Adeni, merupakan tempat membagikan informasi tentang dunia usaha bagi kader-kadernya. Dia juga berharap agar semua pengusaha di KSB bisa berkumpul dan bergabung di organisasi ini. Ia juga menuturkan, pihaknya sudah melihat peluang besar yang ada di NTB dan KSB, dengan mengambil langkah dan peluang dari adanya perhelatan MotoGP dengan mengarahkan tamu ke tempat wisata di KSB. Sementara untuk pengusaha transportasi, pihaknya akan membantu para pengusaha transportasi untuk bekerjasama mengambil peran di event bergengsi itu.

Untuk membantu UMKM, pihaknya akan menyambungkan UMKM dengan jaringan yang ada di pusat, perbankan dan lainnya. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menyambut event-event besar yang ada di NTB dan KSB asalkan kita bisa saling membantu.

“Program unggulan setelah saya terpilih, saya bersama pengurus akan fokus ke sektor pariwisata dan smelter, dengan melihat potensi yang bisa dikembangkan. HIPMI Sumbawa Barat siap berkolaborasi dengan semua pihak untuk membangun KSB,” tutupnya.

Ditempat yang sama Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) Badan Pimpinan Daerah (BPD) HIPMI NTB Budi Wawan, ST memberikan arahan terkait pentingnya pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk badan pengurus cabang (BPC) HIPMI Sumbawa Barat.

“Saya hanya bisa memberikan arahan, sebenarnya pemateri dalam diklat ini disampaikan oleh DPP, karena kendala beberapa hal, jadi mereka tidak bisa. Maka diklat untuk BPC KSB ditunda, dilanjutkan dengan musyawarah cabang BPC HIPMI Sumbawa Barat untuk memilih ketua dengan cara musyawarah dan mufakat,” jelasnya.

Ia juga menceritakan, sejarah dan sepak terjang HIPMI di NTB dan Nasional. Bila ingin bergabung di HIPMI, warga negara Indonesia bebas untuk ikut dengan maksimal berusia 41 Tahun, karena hal itu sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (ADRT) yang sudah ditetapkan di HIPMI.

“Kiprah kader yang sudah dicetak oleh HIPMI sudah sangat banyak dan berhasil, karena kader di HIPMI saling membangun, membantu, membuka relasi, jaringan dan konektivitas baik di cabang, daerah dan pusat,” kata Budi sapaan akrab ketua OKK NTB.

Ia berharap agar HIPMI BPC Sumbawa Barat yang selama ini vakum, mulai bangkit dititik balik ini, untuk membesarkan kembali HIPMI Sumbawa Barat. Supaya keberlangsungan usaha dan pengusaha di KSB berjalan sampai ke Provinsi dan Pusat. Setelah pembukaan musyawarah cabang (Muscab) dan dalam waktu tidak terlalu lama para anggota HIPMI Sumbawa Barat memutuskan dan menetapkan Adeni Muhadi Saputra, ST sebagai ketua umum BPC KSB berdasarkan keputusan Muscab dengan Sekretaris umum Ikramullah, bendahara umum Santri Yusmulyadi, ST dan ketua OKK Sumbawa Barat dipercayakan ke Karya Bangun.(red)