Kapal Penyeberangan PotoTano – Kayangan Kandas, Puluhan Penumpang Dievakuasi

SUMBAWA BARAT – Kapal Motor Penumpang (KMP) Permata Lestari II yang berlayar dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat menuju Pelabuhan Kayangan Kabupaten Lombok Timur, kandas di sekitar Gili Kondo Lombok Timur.Foto/Ramli Nurawang

Kapal Motor Penumpang (KMP) Permata Lestari II yang berlayar dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat menuju Pelabuhan Kayangan Kabupaten Lombok Timur, kandas di sekitar Gili Kondo Lombok Timur, Senin (4/10/2021) pukul 23.30 Wita.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, kapal berangkat dari Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat menuju Pelabuhan Kayangan Senin malam dengan jumlah penumpang dan awak kapal 47 orang.

Kapal diduga kandas karena terseret arus di perairan Gili Kondo, Lombok Timur. Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram menerjunkan personel Pos SAR Kayangan untuk evakuasi menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB).

“Sejak kemarin malam kami sudah terjunkan personil untuk melaksanakan evakuasi bersama TNI, Polri, dan unsur lainnya,” kata Nanang Sigit PH Kepala Kantor SAR Mataram, Selasa (5/10/2021).

Proses evakuasi dilakukan dengan cara memindahkan korban ke kapal penumpang lainnya yang berada di sekitar lokasi kejadian. “Pukul 09.58 Wita seluruh korban berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Kayangan dalam keadaan selamat,” imbuh Nanang.(red)