oleh

Bupati KSB akan Aktifkan Kembali Forum Yasinan

SUMBAWA BARAT, SP – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr.Ir.H.W. Musyafirin, MM memastikan, jika Forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan) atau kegiatan mendengarkan aspirasi masyarakat setiap malam Jum’at akan kembali diaktifkan, namun belum diketahui kapan menjadi hari pertama pelaksanaan pasca dilantik sebagai Bupati untuk periode kedua.

“Pasti akan kembali dilaksanakan untuk Forum Yasinan yang dilaksanakan tiap malam Jum’at itu, karena memang dinilai sangat efektif menjadi sarana pengaduan masyarakat secara langsung kepada pemerintah, jadi ditunggu saja kapan dimulainya,” lanjut H Firin sapaan akrab Bupati KSB.

Masih keterangan orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu, keberadaan Forum Yasinan selama kepemimpinan periode pertamanya sangat dirasakan manfaatnya. Dimana pada praktiknya, forum itu terus mengalami perkembangan tidak saja menyaring informasi pelaksanaan agenda Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) di tengah masyarakat, tetapi juga bersentuhan langsung dan fokus pada persoalan sosial kemasyarakatan.

Diingatkan juga oleh H Firin, Forum Yasinan selama ini dimanfaatkan juga oleh masyarakat untuk memberikan informasi terhadap program lain pemerintah. Hal ini sambung bupati, membuat pemerintah dapat cepat mengetahui setiap persoalan dan segera memberikan respon.

“Makanya forum itu kami tetap pertahankan. Karena manfaatnya besar, tidak saja di sisi masyarakat tapi juga pemerintah sebab tiap persoalan di masyarakat bisa kita ketahui secara real time (setiap pekan),” tuturnya.

Terkait dengan waktu untuk mulai pelaksanaannya, H Firin memperkirakan setelah ditetapkan komposisi keanggota seluruh agen PDPGR, karena memang antara Forum Yasinan dengan Agen PDPGR sangat terkait.

“Kemugkinan kita akan mulai aktifkan setelah penetapan agen PDPGR,” ungkapnya.(red)