oleh

Lawan Kotak Kosong, Firin – Fud Optimis Menang Mutlak di Pilkada KSB

SUMBAWA BARAT – Dengan banyaknya dukungan, Bapaslon petahana Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM – Fud Syaifuddin, ST yakin memenangi Pilkada KSB tahun 2020 dengan mutlak. Pasalnya sampai penutupan perpanjangan masa pendaftaran paslon oleh KPU, tidak ada bapaslon penantang yang muncul.

Meski demikian, pasangan Firin-Fud tidak bisa menganggap remeh. Pada pencoblosan tanggal 9 Desember mendatang, perolehan suaranya bisa saja dikalahkan oleh kotak kosong, karena pengalaman serupa juga pernah terjadi di daerah lain di Indonesia yang bapaslon tunggal ditumbangkan oleh kotak kosong.

Bakal calon Bupati Sumbawa Barat, HW. Musyafirin yang dikonfirmasi terkait hal tersebut belum lama ini mengatakan bahwa pihaknya sangat optimis menang melawan kotak kosong di Pilkada KSB 2020. Pihaknya tidak khawatir dengan pengalaman di daerah lain, calon tunggal yang dikalahkan oleh kotak kosong.

“Ya kita akan hadapi kotak kosong dan kalau di daerah lain ada yang  bisa kalah dengan kotak kosong, kasusnya beda dengan KSB,” ujar Haji Firin, sapaan akrab HW Musyafirin.

Haji Firi sangat optimis karena hasil survei terakhir yang dilakukan pada akhir Bulan Agustus lalu, hasilnya menunjukkan pasangan Firin-Fud menang telak melawan kotak kosong.

“Sekarang dari hasil survei terakhir kita per tanggal 24 Agustus lalu, kita sudah diangka 87,5 persen, itu lawan kotak kosong,” ungkapnya.

Sementara untuk survei elektabilitas jika dirinya punya calon penantang yang diusung oleh partai politik, mencapai angka 70 persen lebih. Sedangkan figur kandidat lainnya rata-rata memiliki elektabilitas di bawah 10 persen. Jomplangnya tingkat elektabilitas itulah kemudian menjadi alasan sebagian besar partai politik di Kabupaten Sumbawa Barat merapat mendukung pasangan petahana ini.

Ditanya resep memimpin KSB selama 4,5 tahun terakhir ini sehingga bisa mendapatkan dukungan masyarakat, Haji Firin mengatakan bahwa resepnya tidak lain bagaimana membuat kebijakan yang bisa dirasakan langsung oleh semua kalangan masyarakat Sumbawa Barat.

“Itu kita serahkan kepada masyarakat yang menilai, bagaiamana kami sudah jalan 4,5 tahun ini untuk tujuan KSB baik. Dengan program kami, semua segmen kita sentuh, petaninya sudah kita sentuh, nelayannya  sudah kita sentuh, UMKM-nya juga sudah kita sentuh, semuanya lapisan kita sentuh dengan program,” tutupnya. (SP)