oleh

Merah Putih Sukses Dikibarkan di Bukit Samama Rarak Rungos

BRANG REA – Moment 17 Agustus sangat bermakna bagi masyarakat Indonesia, ada yang memaknainya dengan berbagai keunikan bahkan menyambut detik-detik proklamasi di lokasi yang jauh dari pusat kota.

Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas Cordova Kabupata Sumbawa Barat (KSB) pada moment 17 Agustus 2020. Para mahasiswa ini rela menaiki bukit Samama di Desa Rarak Rungos di ujung timur KSB untuk mengibarkan bendera Merah Putih, Senin kemarin (17/8).

Bukit Samama adalah salah satu icon yang dimiliki oleh Desa Rarak Rungos karena di lokasi itu terdapat spot pemandangan yang sangat indah.

Proses pengibaran bendera Merah Putih ini penuh perjuangan, untuk menaiki bukit Samama, harus melewati medan sulit bebatuan dan rerumputan yang sedikit menyulitkan para mahasiswa saat menuju puncak bukit tersebut.

Sekretaris Desa Rarak Rungos, Burhanuddin selaku pembina upacara, di sela-sela kegiatan, mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih pada moment 17 Agustus di Bukit Samama merupakan kegiatan spesial bagi masyarakat desa setempat. Namun kali ini menjadi lebih spesial karena dihadiri mahasiswa Cordova.

“Walaupun saat ini dalam masa pandemi Covid-19 tetapi tidak mematahkan semangat masyarakat dan mahasiswa untuk mengadakan upacara HUT ke-75 RI di Bukit Samama,” ungkapnya.

Bagi Burhanuddin, ini sebagai momentum membangkitkan semangat untuk sama-sama bangkit dan berperang terhadap covid-19 serta mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Melalui moment ini, masyarakat diharapkan lebih kreatif, maju dalam pembangunan, kebersihan, kesehatan, dan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara Ketua Pelaksana kegiatan, Budi Hartono mengatakan, kegiatan ini untuk menambah rasa kebersamaan, kebanggaan dan menanamkan rasa patriotisme kepada mahasiswa.

“Kami ingin semua tau bahwa di moment HUT ke-75 RI bukan saja di kota yang merayakannya tetapi masyarakat di pelosok Nusantara juga mengikuti detik-detik proklamasi, ini sebuah kebanggan tersendiri,” ungkap mahasiswa Universita Cordova, Budi Hartono.

Selain itu, para mahasiswa ini ingin memperkenalkan pariwisata di Bukit Samama yang Cantik dan Perawan di Rarak Rungos.(SP)