oleh

Bupati Sumbawa Barat Tegaskan IKM Harus Terus Meningkat

SUMBAWA BARAT – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H. W. Musyafirin menegaskan seluruh jenis bentuk kegiatan Industri Kecil Menengah (IKM) yang dikelola masyarakat harus terus ditingkatkan. Tidak saja dari sisi produksi, namun juga kualitas.

“Ini jadi tugas kita bersama. Bagaimana kemudian agar seluruh IKM kita bangkit dan berkembang,” cetus bupati dalam sambutannya diacara Senam Fantasia IKM yang digelar Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) di Sentra IKM Poto Tano, Jumat, 10 Februari 2023.

Menurut bupati, kegiatan IKM saat ini sudah menjadi salah satu penunjang ekonomi potensial masyarakat. Kegiatan yang banyak fokus pada produksi hasil akhir itu menjadi primadona karena efektif meningkatkan nilai ekonomis bahan baku yang mudah diperoleh di sekitar lingkungan masyarakat.

“Kegiatan industrialisasi itu niscaya meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Dalam mendukung IKM itu, kata bupati banyak cara yang dapat dilakukan. Di sisi pemerintah, sebutnya, dukungan itu dapat berbentuk banyak hal mulai dari permodalan, pendampingan, pembinaan dalam rangka meningkatkan mutu produk IKM.

“Dan masyarakat sendiri dukungannya dengan cara membeli produk IKM kita. Kita harus mencintainya dengan cara memanfaatkannya,” serunya seraya menambahkan kegiatan Senam Fantasia IKM ini adalah salah cara dukungan pemerintah.

“Kegiatan ini bentuk promosi dan saya mendorong dinas lebih banyak lagi mengadakan acara seperti ini ke depannya dengan mengikutsertakan lebih banyak lagi IKM kita,” harap bupati.

Dalam acara kemarin, selain kegiatan senam ada pula bazar digelar. Berbagai produk IKM KSB dijajakan yang kemudian diserbu oleh peserta senam. (adv/Kominfo)