oleh

DPRD Sumbawa Barat Jajaki Sinergi Program Pengembangan Ternak dengan Disnakeswan Provinsi NTB

SUMBAWA BARAT – Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, di Mataram, Selasa 13 September 2022.

Rombongan Komisi II yang dipimpin Wakil Ketua DPRD KSB , Merliza Jawas dan Ketua Komisi II Aheruddin Siddik, diterima Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, I Nyoman Suartika, didampingi oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Sub Koordinator Perencanaan.

“Kunjungan ini dalam rangka mendalami program pengembangan peternakan dan penanggulangan penyakit hewan ternak khususnya PMK (Ppenyakit Mulut dan Kuku) yang saat ini sedang merebak di NTB. Kendati wilayah KSB sampai sekarang masih bebas PMK, tetapi kami perlu mendalami lebih jauh sebagai bahan evaluasi bersama dinas terkait dan pemangku kepentingan lainnya di daerah dalam upaya pencegahan,” jelas Ketua Komisi II Aheruddin Siddik, kepada media usai Kunker.

Sementara Sekretaris Disnakeswan Provinsi NTB, I Nyoman Suartika, menyambut baik kedatangan rombongan Komisi II.

“Kedatangan Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat ini ingin mendapatkan penjelasan terkait program pengembangan peternakan dan penanggulangan penyakit hewan yang mungkin bisa disinergikan dengan program yang ada di Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat,” jelasnya.

Menurutnya, Kabupaten Sumbawa Barat merupakan salah satu wilayah potensi pengembangan agribisnis ternak sapi di Indonesia karena didukung dengan ketersediaan lahan dan adanya taman teknologi pertanian sebagai pusat pemgembangan agribisnis ternak sapi dan jagung.(ADV/*)