oleh

KSB Kucurkan Rp 1,5 Miliar untuk Bonus Atlet Porprov

SUMBAWA BARAT – Pemda Kabupaten Sumbawa Barat membuktikan komitmennya memberikan apresisasi kepada para atlet peraih medali usai gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB ke XI tahun 2023.

Tidak kurang dari Rp 1,5 miliar dikucurkan untuk mereka yang berhasil mengharumkan nama KSB dalam pesta olahraga terakbar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, melalui sumbangan medali emas, perak serta perunggu. Pelatih yang ikut mendampingi atlet peraih medali ini juga diguyur dengan bonus fantastis. Kontingen KSB berhasil meraih total 129 medali, 24 emas, 35 perak dan 70 perunggu dari 29 cabor yang diikuti.

‘’Ini bentuk apresiasi pemerintah atas dedikasi dan perjuangan luar biasa yang sudah ditunjukkan atlet maupun pelatih mengharumkan KSB selama Porprov NTB,’’ papar Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W.Musyafirin, MM, Rabu, 1 Maret 2023.

Atlet peraih medali emas perorangan mendapat bonus uang tunai senilai Rp 12,5 juta, medali perak Rp 10 juta dan medali perunggu Rp 7 juta. Atlet peraih emas kategori beregu mendapat bonus Rp 15 juta, perak 12 juta dan perunggu Rp 10 juta. ‘’Untuk pelatih, peraih emas Rp 15 juta, perak-perunggu Rp 10 juta,’’ jelasnya.

Torehan 24 medali emas, 35 perak dan 70 medali perunggu bukanlah sebuah hal yang mudah. Bupati meminta atlet tidak larut dalam kesedihan berkepanjangan meski gagal mencapai target empat besar Porprov NTB. Menurutnya, capaian yang diraih tahun ini jauh lebih baik dibanding Porprov NTB empat tahun lalu. ‘’Prosesnya yang dilihat. Dan itu tidak mudah,’’ tegasnya.

Pemda KSB secara khusus mengapresiasi capaian KONI KSB pada Porprov NTB kali ini. Capaian yang diraih saat ini sudah sangat luar biasa. ‘’Jangan lihat hasilnya, tapi lihat proses untuk meraih medali ini yang sulit. Pemerintah melihat proses ini sudah dilakukan dengan baik,’’ tambahnya.

Ketua KONI Sumbawa Barat, Andi Laweng memberikan apresiasi serupa atas proses dan capaian yang diraih atlet Sumbawa Barat. ‘’Atlet sudah berjuang luar biasa untuk meraih medali,’’ katanya.

Apresiasi serupa juga diberikan kepada Pemda KSB karena telah mendukung penuh KONI Sumbawa Barat. Baik saat pelaksanaan pemusatan latihan daerah (Pelatda), pelaksanaan Porprov hingga bonus bonus untuk atlet peraih medali. ‘’Perhatian pemerintah sangat maksimal. Kita diberikan kemudahan, tidak juga kesulitan dari sisi anggaran,’’ paparnya.

Porprov NTB 2023, Kabupaten Sumbawa Barat mengirim 585 atlet dan official dan berhasil meraih 129 medali secara keseluruhan. Terdiri dari 24 keping emas, 35 perak dan 70 perunggu. Raihan ini jauh lebih baik dibanding Porprov NTB tahun 2014 maupun tahun 2018 lalu. Tahun 2014, Sumbawa Barat hanya meraih 63 medali terdiri dari 17 emas, 15 perak dan 31 perunggu. Sementara tahun 2018 mengumpulkan total 84 medali, 12 emas, 21 perak dan 51 perunggu. (adv/diskominfoksb)