oleh

Kunjungi Lokasi Banjir, Bupati KSB Minta Pendataan Warga Terdampak Dipercepat

SUMBAWA BARAT – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H. W. Muayafirin melakukan kunjungan langsung ke rumah warga yang terdampak luapan air sungai Brang Rea akibat tingginya debit hujan.

Bupati memulai kunjungannya di kelurahan Sampir, kecamatan Taliwang. Didampingi kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan camat setempat, bupati menyusuri rumah warga yang tergenang. Tak lupa bupati juga melihat kondisi ketinggian air sungai yang berada tepat di samping pemukiman warga.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menghimbau agar warga tetap waspada serta siaga. “Mohon tetap siaga karena cuaca masih terus hujan,” imbaunya.

Hal yang sama pun disampaikan saat berada di kecamatan Brang Rea. Bupati bahkan memberi instruksi kepada camat dan kepala desa setempat melakukan pendataan warga yang terdampak. Menurut bupati, agar datanya valid ia meminta lurah, kepala desa dan camat yang wilayahnya terdampak banjir melibatkan para agen gotong royong (AGR).

“Jangan lupa libatkan agen (AGR). Saya juga sudah instruksikan agen-agen itu segera turun dan berkoordinasi,” cetusnya.

Hasil pendataan lanjut bupati, melalui kecamatan untuk segera diserahkan ke BPBD. Dan sebagai dinas teknis, BPBD untuk menindaklanjuti secepatnya menyusun langkah pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

“BPBD jeli melihat apa yang prioritas masyarakat untuk dibantu. Dan harus cepat,” imbuh bupati. (**/Kominfo)