oleh

Banjir Terjang KSB, 11.808 Jiwa Terdampak

SUMBAWA BARAT – Bencana banjir menerjang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di Nusa Tenggara Barat akibat meluapnya aliran sungai Brang Rea Taliwang yang terjadi di wilayah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Ruslan Abdul Gani mengatakan banjir yang terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat diakibatkan cuaca ekstrem berupa curah hujan lebat yang terjadi sejak Senin (13/2) sehingga air sungai menjadi meluap.

“Ini akibat cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang terjadi pada hampir semua wilayah di NTB,” ujarnya.

Banjir menggenangi rumah-rumah warga di Desa Tepas, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Senin (13/2/2023).

Ia menyebutkan terdapat sembilan desa atau kelurahan yang terdampak banjir di Kabupaten Sumbawa Barat. Di antaranya, Seminar Salit, Sapugara Bree, Tepas Sepakat, Tepas, Beru yang berada di Kecamatan Brang Rea.

Selanjutnya wilayah yang terdampak berada di Tamekan, Sampir, Bugis dan Menala yang berada di Kecamatan Taliwang.

“Total ada 2.952 kepala keluarga (KK) atau 11.808 jiwa yang terdampak banjir di Kabupaten Sumbawa Barat,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan saat ini kebutuhan mendesak di lokasi banjir yang dibutuhkan mulai dari peralatan, personil, terpal, selimut, makanan siap saji, air mineral, dan paket perlengkapan keluarga.

“Sampai saat ini air masih menggenangi rumah warga,” ujar Ruslan Abdul Gani.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem (Fenomena La Nina) berupa angin kencang dan hujan lebat yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang,” katanya.