oleh

Insiden Berdera Dipasang Terbalik Saat Upacara HUT RI Ke-77 di Lombok Timur

LOMBOK TIMUR – Upacara Pengibaran bendera merah putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 di Kecamatan Keruak, Lombok Timur berjalan tertib, meskipun sempat terjadi insiden bendera yang dipasang terbalik, hingga terlepasnya tali pengait.

Awalnya upacara berjalan lancar, terlihat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Keruak berbaris rapi dengan formasinya. Saat proses pengibaran bendera akan berlangsung, bendera terpasang terbalik karena diduga salah lipatan.

Saat posisi bendera akan diperbaiki, tali pengait atas terlepas dari tangan petugas pengibar bendera, sontak petugas tersebut berusaha meraih tali tersebut namun tidak berhasil.

Melihat insiden itu, dengan sigap salah satu petugas jaga Puskesmas Keruak, Zulkarnain langsung memanjat tiang bendera untuk meraih tali pengikat bendera tersebut. Setelah berhasil menurunkan tali, Zulkarnain mendapat tepuk tangan yang meriah dari semua peserta ucapara.

Menanggapi insiden tersebut, Camat Keruak, Ahmad Subhan mengatakan bahwa, dalam setiap situasi, selalu hadir pahlawan-pahlawan bangsa yang siap mengorbankan jiwa raganya.

Aksi heroik ditunjukkan satpam puskesmas, Zulkurnain saat apel upacara pengibaran bendara dalam rangka HUT ke-77 kemerdekaan RI di Lapangan Umum Keruak Lombok Timur

“Alhamdulillaah, upacara pengibaran bendera HUT ke-77 Republik Indonesia tingkat Kecamatan Keruak berjalan tertib dan lancar meskipun proses yang menegangkan. Intinya bendera berkibar dengan aman dan lancar,“ ujarnya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, bendera diikat terbalik, ketika diperbaiki, tali bendera terlepas. Selain itu, Subhan juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Zulkarnain, Satpam Puskesmas Keruak yg telah tanggap dengan gerak nurani bertindak cepat.

Bendera merah putih yang dipasang terbalik saat upacara HUT RI Ke 77 di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur.(Tangkapan layar, video siaran langsung akun facebook Aen Saka Pecky )

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Zulkarnaen, Satpam Puskesmas Keruak yang tanggap dengan hati nuraninya tergerak untuk membantu terselenggaranya pengibaran bendera merah putih pada upacara HUT ke-77 Republik Indonesia tingkat Kecamatan Keruak,“ ungkapnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas kesigapannya tersebut, Camat Keruak memberikan uang sejumlah Rp. 770.000 kepada Zulkarnain yang sudah menyelamatkan proses pengibaran bendera, sehingga upacara berjalan tertib dan lancar.