oleh

Konstruksi Smelter Dimulai, Naker Newmont Black List Minta Dipulihkan

SUMBAWA BARAT – Setelah sekian lama minim informasi ditingkat lokal terkait pembangunan Smelter di Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbawa Barat menegaskan, konstruksi pembangunan Smelter akan berlangsung Oktober 2022 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST,M.Si mewakili Forkompinda mengatakan, serapan tenaga kerja untuk pembangunan konstruksi Smelter berjumlah total 2000 orang dengan target tenaga kerja lokal sebanyak 1200 orang atau sekitar 60 persen dari total naker yang dibutuhkan.

Dikatakan Amar sapaan akrab Sekda KSB, untuk naker lokal eks Newmont dan termasuk yang di black list minta dipulihkan agar bisa bekerja kembali dalam proses pembangunan smelter.

“ Kita sudah sampaikan itu dihadapan Managemen Amman Mineral hari ini, dan mereka sanggupi semua,” kata Amar dalam konfrensi pers di Graha Fitrah, Selasa (28/6/2022).

Perkiraan masa konstruksi Smelter menurut Amar, diperkirakan akan berlangsung selama 2.5 tahun namun dimungkinkan juga dipercepat karena mengingat batas akhir sebelumnya akhir 2023 sudah harus rampung.

Amar kemudian bilang soal naker, proses rekrutmen akan menggunakan pola satu pintu dan proses rekrutmen akan berlangsung bertahap puncaknya pada September mendatang.

Untuk naker lokal Amar menegaskan,  job diskripsi naker lokal dengan melihat skill yang ada, khusus black list diakui Amar banyak memiliki skill.

“ Nanti seperti apa detailnya sedang dirampungkan, ada juga permintaan khusus lokal dalam lokal, yang jelas kami mendorong sumberdaya lokal semua terserap termasuk pemberdayaan UMKM dan juga untuk Subkon nantinya kami juga minta agar membuka kantor di luar Site Smelter sehingga memungkinkan banyak tenaga kerja setempat direkrut,”terang Amar.(*)