New Berlind Wakili Sumbawa Barat Konser Musik MXGP Samota Sumbawa 2022

SUMBAWA BARAT – Grup band RnB asal Taliwang “New Berlind” akan mewakili Kabupaten Sumbawa Barat dalam gelaran konser musik “Don’t Kill Music” MXGP INDONESIA SAMOTA SUMBAWA tanggal 24-26 Juni 2022 yang merupakan rangkaian acara ajang balap internasional, dimana rider-rider top dunia akan berlaga dalam seri MXGP 2022.

Tohiruddin, SH selaku manager New Berlind mengungkapkan alasan dari pihak penyelenggara mengajak band yang lahir sejak 17 Agustus 2018 (New Berlind) untuk tampil di ajang tersebut karena dinilai konsisten dalam mengeluarkan karya dan sudah bisa di dengarkan di beberapa platform musik.

“Mini album New Berlind sudah ada, musik yang kami sajikan juga unik dan berbeda dari musisi-musisi lain di NTB. Walaupun lirik lagu daerah yang kami bawakan, akan tetapi genrenya kekinian dan modern. Itulah yang menjadi nilai jual kami sehingga dilirik oleh pihak penyelenggara untuk tampil di ajang tersebut,” ungkap Tohir kepada wartawan saat Konfrensi Pers di Blue Safier, Komplek KTC, Kamis (23/06/2022).

Sebagai manager sekaligus Foundding New Berlind Manajemen, Tentunya ia sangat bangga dan gembira karena mendapatkan kesempatan yang sangat berharga untuk tampil di ajang tersebut sehingga karya-karya yang dikeluarkan sejak tahun 2018 itu dapat secara langsung di dengarkan oleh khalayak luas.

Pada kesempatan itu juga, Toink sapaan akrabnya mengajak masyarakat Sumbawa Barat untuk hadir dan memeriahkan event internasional MXGP Samota yang akan digelar mulai dari tanggal 24 hingga 26 Juni 2022.

“Event ini merupakan kickoff bangkitnya kita dari pandemi, event ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan geliat ekonomi dan pariwisata. Jadi dalam momentum ini, mari masyarakat Sumbawa Barat yang memiliki waktu luang untuk meramaikan acara tersebut,” ajak Toink.

Ditempat yang sama, Imam Junaid selaku vokalis New Berlind mengatakan, bahwa pihaknya akan membawakan empat lagu dari delapan lagu dalam album perdana mereka bernama Fruit, keempat lagu tersebut, yakni Ini Tentang Kita Yang Belajar Bertahan, Like a Tree Without Fruit, Sebenarna Apa Dita Sa dan Laung Ke Ate.

“Keempat lagu itu akan kami bawakan dalam durasi 25 menit pada hari Sabtu sore tanggal 25 Juni mendatang, dan Alhamdulillah jauh-jauh hari kami telah berlatih untuk mempersiapkan diri agar dapat tampil maksimal dalam acara tersebut,” ungkapnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendengarkan kedelapan lagu dari album perdana New Berlind, kata Imam, dapat langsung mendengarkannya di platform musik Soundcloud yang sudah mencapai 716.000 streaming, Joox, iTunes, Spotify, Tik-Tok dan Chanel Youtube New Berlind.

“Di platform musik inilah kami memperkenalkan dan mengangkat daerah kita karena lagu-lagu yang kami keluarkan kebanyakan menggunakan bahasa daerah dengan menggabungkan tiga gendre musik sehingga terdengar kekinian dan modern,” jelas vokalis New Berlind.

Tak lupa, Imam juga memperkenalkan empat personil dari New Berlind yang akan tampil dalam ajang musik “Don’t Kill Music 2022”. Keempat personil tersebut yakni dirinya sendiri sebagai vocalist, Haris sebagai gitaris, Gelby pada Bass dan Aswat pada drum.

“InsyaAllah kami siap untuk tampil di ajang Don’t Kill Music 2022. Maka dari itu, saya mewakili teman-teman yang lain meminta dukungan dari para musisi dan masyarakat Sumbawa Barat agar kesempatan yang diberikan pihak penyelenggara dapat menjadi momentum untuk mengangkat musik daerah kita ke kanca internasional,” tukasnya.

Sementara Ketua Pilar Musik Samawi (PMS), Ainul Yakin cukup kaget dan terheran-heran saat mengetahui New Berlind ikut tampil di ajang internasional itu, karena memang kita ketahui bahwa hanya ada beberapa band dari NTB yang akan tampil disana, dan sekarang termaksud diantaranya New Berlind ini.

“Saya baru tahu alasannya karena mendengar penjelasan dari pak Tohir tadi. Dengan demikian tentunya saya selaku Ketua PMS yang mewadahi semua musisi di KSB sanggat bangga dan siap mensupport penuh personil New Berlind untuk tampil disana,” pungkas Antes sapaan akrab ketua PMS.

Ditempat terpisah, Masadi, SE selaku pembina sekaligus penasehat Pilar Musik Samawi mengapresiasi dan mensupport penuh New Berlind pada penggelaran ajang festival “Don’t Kill Music 2022”

“Dengan lolosnya New Berlind sebagai salah satu perwakilan band pulau Sumbawa, saya berharap pula dapat dibarengi dengan antusiasme warga Sumbawa Barat dalam memeriahkan rangkaian acara MXGP ini,” tutup Masadi.(*)