oleh

Event Explore Wisata Jelenga Mampu Dongkrak Ekonomi Masyarakat dan Wisatawan

SUMBAWA BARAT – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), merupakan Daerah yang kaya akan potensi Sumber Daya Alam (SDM) dan pariwisata. Semenjak Pandemi Covid-19 melanda, telah meluluhlantakkan semua sendi kehidupan. Tak terkecuali menghantam pariwisata dan ekonomi kreatif di KSB, khususnya Jelenga. Selain jumlah wisatawan yang mengalami penurunan drastis, berpengaruh pula pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) KSB dan pendapatan perekonomian masyarakat.

Namun demikian, agar pariwisata sunguh-sungguh berkembang, tentunya dibutuhkan kreativitas dan terobosan yang harus dilakukan, seperti yang akan segera terselengarakan Event Explore Wisata Jelenga yang akan datang, adalah salah satu solusi untuk mendongkrak pendapatan masyarakat dan pariwisata.

Ketua Umum Event Explore Wisata Jelenga, Yudi Prayudi kepada wartawan, Jumat, (2020/5/22), mengatakan, bahwa KSB merupakan salah satu daerah dengan potensi wisata terbaik yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19, khususnya Dusun Jelenga, Kecamatan Jereweh. Beberapa sektor pariwisata di daerah tersebut bahkan harus ditutup karena tidak ada satu pun wisatawan yang berkunjung. Saat ini, kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai terkontrol dan perekonomian berangsur pulih walaupun belum normal seperti sebelum pandemi terjadi.

”Kami sebagai putra daerah KSB melalui komunitas Makelar MX, FJ Organizers dan AJR Enjoy PWX ingin menyelenggarakan Event Trabas Trail MX, Bazar UMKM dan parade budaya berjuluk “Explore Wisata Jelanga #1” yang berlokasi di Dusun Jelenga, Kecamatan Jereweh,” Ungkapnya.

Bung Yudi sapaan akrabnya menambahkan, bahwa Event Trabas sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 mendatang, yang berlokasi di Desa Jelenga, Kecamatan Jereweh. Dalam Event tersebut nanti akan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti Trabas Explore Jalur Petualangan Ekstrim dan menantang adrenalin sebagai sarana silaturahmi dan menyalurkan hobi.

“Ada juga Bazar UMKM kreatif sebagai sarana memasarkan produk secara langsung kepada para peserta yang berasal dari luar daerah. Dan tidak kalah pentingnya ada Parade Budaya untuk menunjukkan simbol dan identitas KSB yang bermartabat dan berbeda dari daerah lainnya,” ujar Bung Yudi.

Bung Yudi juga mengatakan, dirinya sebagai putra daerah bersama komunitas Makelar MX, FJ Organizers dan AJR Enjoy PWX menyelenggarakan event tersebut tujuannya adalah, 1. Sebagai sarana promosi pariwisata Pantai Jelenga pasca pandemi Covid-19, 2. Sebagai sarana pemulihan perekonomian daerah melalui promosi kerajinan usaha UMKM dan kuliner khas daerah KSB kepada peserta yang berasal dari luar, 3. Meningkatkan apresiasi dan kecintaan terhadap wisata alam dan kebudayaan KSB, sekaligus memperkenalkan kepada peserta yang berasal dari luar daerah, 4. Menyalurkan hobi motor Trail MX dengan medan petualangan ekstrim, 5. Mendukung program kerja Pemda KSB dalam mempromosikan pariwisata agar lebih menarik minat wisatawan asing dan wisatawan lokal sehingga mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah pasca pandemi Covid-19.

”Kegiatan ini akan kami laksanakan sebagai bentuk ikhtiar agar mempercepat pemulihan kondisi perekonomian Nasional, sekaligus mendukung program kerja Pemda dalam melakukan promosi pariwisata agar lebih diperhatikan oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara,” ujar Bung Yudi.

Kemudian terakhir, Bung Yudi berharap dalam kegiatan event nanti, semua bisa terlibat dan berjalan sukses serta berdampak positif bagi KSB.

”Dengan kegiatan Eksplore Wisata Jelenga yang akan mendatangkan banyak rider ini, kami berharap dapat memaksimalkan geliat ekonomi masyarakat dengan mengakomodir pemesanan peserta melalui kami panitia untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan lainnya, yang nantinya akan kita arahkan kepada masyarakat sekitar termasuk penjualan kamar-kamar hotel, homestay, rumah warga serta tenda yang nantinya disewakan oleh pemuda,” tandas Yudi Prayudi.