4 Desa di KSB Dapat Bantuan Alat Transportasi dari Kemendes PDTT

SUMBAWA BARAT – Empat Desa di Kabupaten Sumbawa Barat mendapat bantuan alat transportasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemdes PDTT).

Empat desa itu adalah Desa Poto Tano, Mantar, Lamuntet dan Rarak Ronges. Poto Tano mendapat satu unit kapal boat, Desa Mantar satu unit pick up sementara Lamuntet dan Rarak Ronges masing-masing satu unit bus.

Bantuan tersebut diterima langsung masing-masing kepala desa disaksikan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pendamping desa Kemendes PDTT.

‘’Bantuan ini nanti akan menjadi tanggungjawab BUMDes. Kami harap, setelah bantuan ini diterima, desa segera membuat regulasi tentang pengoperasian bantuan tersebut,’’ jelas Kepala Bappeda dan Litbang Sumbawa Barat, Hairul Jibril, kemarin.

Dua unit bus yang diterima Desa Lamuntet dan Rarak Ronges nanti akan digunakan untuk transportasi bagi masyarakat setempat. Untuk pengelolaannya nanti akan ditangani oleh BUMDes.

‘’Bus itu digunakan untuk angkutan umum untuk melayani Lamuntet-Taliwang dan Rarak Ronges Taliwang,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Kades Rarak Ronges Arifin memberikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk masyarakat Rarak Ronges. Satu unit bus itu akan digunakan sebagai alat transportasi masyarakat Rarak Ronges.

‘’Nanti pengelolaanya kita serahkan kepada BUMDes. Tinggal kita siapkan regulasi berupa peraturan desa tentang penetapan tarif untuk biaya operasional,’’ katanya.

Hal senada juga disampaikan Tenaga Ahli Pendamping Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ktut Aini Hetty Achjar. Dirinya berharap bantuan yang disalurkan ke empat desa itu benar-benar dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

‘’Bantuan ini kami harapkan bisa membantu desa. Termasuk meningkatkan ekonomi desa melalui BUMDes yang ditunjuk,’’ tambahnya.