oleh

Jelang Kedatangan Jokowi, Bendungan Bintang Bano Disterilkan

SUMBAWA BARAT – Areal Pembangunan Bendungan Bintang Bano di Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Suumbawa Barat, mulai disterilkan menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo, Kamis, 13 Januari 2022.

Hal ini didasari adanya surat permohonan kepada bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) agar melarang warga memasuki areal pembangunan bendungan (sterilisasi).

Dalam surat yang dilayangkan oleh otoritas pelaksana pembangunan bendungan di kecamatan Brang Rea itu. Pelaksana menerangkan, larangan itu dimulai sejak tanggal 8 Januari hingga waktu yang ditentukan. Sementara larangan itu tujuannya guna rencana persiapan peresmian bendungan tanggal 13 Januari mendatang.

Bendungan Bintang Bano, Sumbawa Barat, NTB.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda KSB, Suryaman menjelaskan, kunjungan presiden Jokowi meresmikan bendungan Bintang Bano akan diawali dengan kedatangan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

“Pak menteri katanya tanggal 11 Januari. Dan hari ini (Minggu) Direktur Bendungan Kementerian PUPR sedang di lokasi juga,” sebutnya.

Dalam kunjungannya ke NTB, Presiden, sambung Suryaman, terlebih dahulu menjadwalkan diri hadir ke bendungan Bintang Bano. Informasi yang diperolehnya, setelah mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL), Jokowi langsung bertolak ke Bendungan Bitang Bano menggunakan helikopter.

“Turunnya juga langsung di lokasi bendungan. Jadi tidak ada jadwal ke Taliwang beliau akan langsung kembali lagi ke Lombok,’’ katanya.

Mengenai agenda kegiatan Presiden selama berada di Bendungan Bintang Bano sepenuhnya disusun oleh protokoler kepresidenan.

“Semuanya dihandel oleh protokoler kepresidenan jalannya acara peresmian,” imbuhnya.(red)