Bupati KSB Lantik Amar Nurmansyah Sebagai Sekda Definitif

SUMBAWA BARAT, SP – Bupati Sumbawa Barat (KSB),  Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM melantik Amar Nurmansyah, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) KSB, Jum’at (23/7/2021)sore.

Amar sapaan akrab Amar Nurmansyah, pejabat kelahiran Bulan Agustus Tahun 1975, merupakan Sekda ke lima di KSB, Ia sebelumnya menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asisten II) Setda KSB dan sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Permukiman (DPUPRPP).

Karir Amar sebagai ASN boleh dibilang sangat moncer. Mengawali karir di DPUPRPP, karena kemampuannya, dalam waktu tidak lama, Ia mendapat promosi dan menduduki sejumlah jabatan strategis di dinas terkait. Ia sempat menjabat sebagai Kabid Sumber Daya Air selama beberapa tahun sebelum naik menjadi Sekretaris Dinas. Sekitar dua tahun menduduki jabatan tersebut, Amar dipercaya Bupati HW Musyafirin sebagai Kepala Dinas PUPRPP menggantikan Amir Husain yang memasuki masa pensiun. Di Mutasi tahun 2020, Amar kembali mendapat kepercayaan menduduki jabatan starategis sebagai Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan (Asisten II) Setda KSB.

Sebagian besar karir Amar sebagai PNS memang bergelut di bidang tekhnis di DPUPRPP. Tidak heran ketika diangkat menjadi Asisten II, Ia tetap dipercaya menjadi Plt Kadis PUPRPP.

Ketika masa jabatan H Abdul Azis sebagai Sekda KSB berakhir pada April 2021 lalu, Amar ditunjuk Bupati sebagai  Plt Sekda KSB. Bersama tiga pejabat lainnya, ia menjadi peserta seleksi Calon Sekda Definitif sebelum akhirnya dilantik oleh bupati setelah sekitar tiga bulan lebih Ia menjabat sebagai Plt,

Bupati HW Musyafirin, dalam sambutannya menegaskan, jabatan Sekda adalah tugas berat, termasuk mengkaji suatu kebijakan dari Pimpinan Daerah, agar kebijakan tersebut tidak melanggar aturan dan sesuai dengan regulasi yang ada.

“Saya berharap Sekda sebagai pimpinan aparatur untuk menjaga disiplin dan integritas ASN. Selain itu tetap intens menginformasikan visi dan misi daerah untuk disosialisasikan dengan massif untuk mempercepat proses pembangunan daerah,” pesan Bupati.

Sementara Amar yang ditemui usai pelantikan, menyampaikan terimakasih kepada Panitia Seleksi (Pansel) dan Bupati yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya.

“Tugas ini sangat berat, karena itu saya tidak bisa bekerja sendiri, karena itu saya mohon dukungan dari seluruh ASN dan masyarakat,” ucapnya.