Pilkada KSB, Kolom Kosong Berjaya di TPS Jelenga dan TPS 11 Telaga Bertong

SUMBAWA BARAT, SP – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, HW. Musyafirin – Fud Syaifuddin (Firin-Fud) memastikan diri memenangi Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) 2020. Meski demikian, pasangan Firin-Fud mendapat perlawanan cukup ketat dari barisan masyarakat yang memilih kolom kosong. Buktinya, pasangan yang diusung oleh sembilan Parpol ini tidak mutlak menang di seluruh TPS. Setidaknya ada dua TPS di mana Firin-Fud kalah melawan calon yang dibuat oleh regulasi Pilkada itu

Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini, dua TPS di mana Firin-Fud kalah melawan kotak kosong, yakni di TPS Dusun Jelenga, Desa Beru, Kecamatan Jereweh dan di TPS Lingkungan Pakirum, Kelurahan Telaga Bertong, Kecamatan Taliwang.

Di TPS 11 Kelurahan Telaga Bertong, Firin-Fud, hanya mampu meraup 114 suara, sementara warga yang memilih Kolom Kosong 182 suara.

Data TPS 11 Kelurahan Telaga Bertong

Sedangkan di Dusun Jelenga Desa Beru Jereweh , Firin-Fud hanya mampu meraup 160 suara, sementara warga yang memilih kotak kosong sebanyak 213 suara.

Pasangan tunggal Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) itu mengklaim berhasil meraup suara sebesar 75 persen.
Hal itu disampaikan dalam konferensi pers sekaligus menyapa pendukungnya, usai pemungutan suara, Rabu, 9 Desember 2020. Calon Wakil Bupati Fud Syaifuddin mengatakan, kemenangannya tersebut berkat kerja keras semua pihak. Mulai dari partai koalisi, tim pemenangan, relawan hingga simpatisan yang setia mendukung dirinya untuk kembali memimpin KSB untuk kedua kalinya.

“Tidak usah kita persoalkan kemenangan ini (kurang dari target). Kemenangan ini adalah hasil tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Ia menjelaskan, total kemenangan sebesar 75 persen yang diraihnya meliputi seluruh wilayah KSB. Dengan rata-rata raihan suara di tiap kecamatan antara 70 hingga 90 persen.

“Yang paling luar biasa perjuangan tim di kecamatan Brang Ene. Kita bisa menang sampai 90,73 persen. Tapi tentu kecamatan lain juga tak kalah sumbangsihnya,” ujarnya.

Fud pun menyatakan terima kasih kepada seluruh pendukungnya. Ia menegaskan, kepercayaan yang diberikan oleh mayoritas masyarakat KSB menunjukkan bahwa pemerintahannya selama periode tertama bersama HW. Musyafirin telah berjalan baik.

“Ke depan kami akan terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat KSB. Dan satu lagi bahwa kemenangan kami ini adalah kemenangan seluruh masyarakat KSB,” tandasnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count tim pemenangan Firin-Fud. Data terakhir yang berhasil dimasukkan sebanyak 283 dari total 291 TPS. Hasilnya pasangan berjuluk F3 (F-Three) ini berhasil mengantongi sebanyak 53.452 suara atau 74,81 persen. Sementara masyarakat KSB yang memilih kolom kosong atau kotak kosong (Koko) terdata 17.995 atau 25,19 persen.

Di tingkat kecamatan sendiri, persentase kemenangan Paslon dengan jargon ‘KSB Baik’ ini tertinggi kemenangannya di kecamatan Brang Ene sebesar 90,73 persen dan terendah di kecamatan Maluk yakni 63 persen.