oleh

Firin-Fud Buka Pintu untuk Demokrat dan PBB Gabung Koalisi Luar Biasa

SUMBAWA BARAT – Pasangan Bakal Calon Bupati – Wakil Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin – Fud Syaifuddin (Firin – Fud) resmi menerima SK DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai pasangan calon yang akan diusung di Pilkada Sumbawa Barat, Rabu 26 Agustus 2020.

Dengan resminya Nasdem masuk, maka total 9 parpol yang bergabung dalam ‘Koalisi Luar Biasa’ dan dapat dipastikan bahwa Firin-Fud akan melawan kolom (kotak) kosong di Pilkda 9 Desember mendatang. Ke-9 parpol ini menguasai 21 kursi DPRD. Dengan demikian hanya tersisa dua parpol di KSB (pemilik kursi di DPRD) yakni Demokrat dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang berada di luar koalisi.

Sebelumnya, Demokrat – PBB mendukung pasangan KH Syamsul Ismain – Mustakim Patawari sebagai bakal calon yang akan diusung di Pilkada KSB. Namun rencana kedua parpol kandas ketika Nasdem menjatuhkan pilihan mengusung pasangan petahana (Firin-Fud). 4 kursi yang dikuasai Demokrat – PBB di DPRD tidak memenuhi syarat minimal (5 kursi) untuk mengusung pasangan calon di Pilkada.

Firin-Fud sendiri tidak ‘menutup pintu’ untuk Demokrat dan PBB jika memang berniat bergabung dengan koalisi Luar Biasa.

“Saya fikir tidak ada masalah, kami welcome, jika Demokrat dan PBB mau bergabung, kami akan terima dengan tangan terbuka,” ujar H Firin sapaan akrab Bupati KSB, kepada wartawan di Masjid Agung Darussalam, Kamis siang (27/8).

Namun demikian, Haji Firin menyatakan pihaknya tidak bisa proaktif untuk berkomunikasi dengan Demokrat maupun PBB. Karena Firin-Fud menghormati bahwa kedua parpol memiliki kader yang sebelumnya akan diusung sebagai bakal calon di Pilkada.

“Tapi kalau umpamanya keputusan internal partai mau bergabung, saya fikir itu tidak ada masalah. Karena sesungguhnya, bagaimanapun nanti siapa yang terpilih, yang tidak mendukung-pun tetap sebagai bagian yang dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Sumbawa Barat,” bebernya.

Koalisi Luar Biasa sendiri telah menggelar rapat perdana usai penyerahan SK DPP Nasdem kepada Pasangan Firin-Fud di Mataram, Rabu 26 Agustus 2020. Haji Firin mengungkap, seluruh pimpinan partai politik yang tergabung dalam koalisi bahkan telah menandatangani berkas pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Insyaallah kita akan mendaftar ke KPU di tanggal 4 September. Koalisi sudah rapat perdana di Mataram dan akan ada pemantapan lagi nanti di hari minggu,” demikian H Firin.(SP)