oleh

Apel Tiga Pilar, Bupati Kembali Tegaskan Disiplin adalah Kunci Penanganan Covid-19

SUMBAWA BARAT – Kegiatan Apel Gabungan Tiga Pilar guna implementasi Instruksi Presiden No 6 tahun 2020 dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 kembali digelar. Apel digelar di Lapangan upacara komplek KTC, Jumat (21/08).

Kegiatan Apel Gabungan dipimpin oleh Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM, Kapolres KSB AKBP. Herman Suriyono, S.I.K M.H., dan Dandim 1628/SB Letkol TNI Czi Sunardi, ST, M.I.P.

Bupati KSB dalam kesempatan itu mengakatan bahwa kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan adalah kunci dari penanganan pandemi Covid-19. Ia menganalogikan bahwa pandemi ini merupakan sebuah peperangan, namun kali ini melawan musuh yang tidak terlihat.

“Ini bukan persoalan ketahanan fisik bukan persoalan kekuatan tapi lebih pada persoalan kedisiplinan dan kesabaran,” tegas Bupati yang akrab disapa H. Firin ini.

Kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan tidak cukup hanya pada kalangan tertentu saja, namun semua kalangan harus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan ini.

Oleh sebab itu, sosialisasi penerapan protokol kesehatan terus digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat bersama para anggota Forkopimda baik Tokoh agama maupun tokoh masyarakat dilibatkan dalam sosialisasi pencegahan Covid-19.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada TNI/Polri yang senantiasa menjaga ketertiban, kelancaran serta turut andil dalam penanganan pandemi Covid-19 di KSB.

“Pak Kapolres yang isinya penuh dengan terobosan inovasi sampai tingkat terkecil Polsek sampai Bhabinkamtibmas. Yang tidak kalah pentingnya juga Pak Dandim, Danramil sampai yang terkecil ke desa-desa terus mengajak masyarakat agar disiplin selama 24 jam demi keselamatan masyarakat di KSB,” tuturnya.

Untuk melaksanakan tugas ini lanjutannya, kekompakan antara pemerintah, TNI dan Polri adalah hal yang utama agar tugas dalam menangani pandemi Covid-19 ini dapat dilaksanakan dengan lancar.

“Yang paling penting kita harus kompak, Alhamdulillah tokoh masyarakat, tokoh agama, pemda, TNI, Kepolisian dan lainnya kompak, mudah-mudahan dengan begitu, KSB mampu mengatasi wabah coronavirus ini,” tegasnya.

Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Polres KSB akan tetap mendampingi Pemerintah dalam rangka penanganan pandemi ini. Dalam kesempatan itu pula, Kapolres mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas kerjasama yang terjalin dengan baik.

“Saya kira TNI dan Polri tidak bisa gagah seperti ini, tidak bisa juga cepat seperti ini kalau tidak Pak Bupati, Pak Wabup dan seluruh mesin-mesin pemda tidak mendukung kami,” ungkap Kapolres yang disambut dengan tepuk tangan meriah.

Senada dengan Kapolres, Dandim 1628/ SB Letkol TNI Czi Sunardi, ST, M.I.P.
juga mengapresiasi tindakan-tindakan dan inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati KSB, belum tentu Bupati lain di Indonesia  seperti Bupati kita,” ujar Dandim.

Bupati KSB, lanjutannya, selalu hadir dan memberikan dukungan dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh TNI maupun Polri serta aktif melakukan sinergi dalam setiap kegiatan.

Komandan Distrik Militer meminta kepada seluruh peserta apel untuk tidak lupa berdoa agar Pandemi ini  berakhir secepatnya sesuai dengan harapan bersama.(SP)