oleh

Survei LSI: Zul – Suhaeli Raih 50,5 Persen Dukungan Pemilih 

 

MATARAM – Duet  Zul-Suhaeli dinilai masyarakat menjadi pasangan terbaik di Pemilihan Gubernur (Pilgub) November 2024 mendatang. Keduanya mampu membuat daya elektabilitas dan keterpilihan menjadi paling tinggi dalam hasil temuan survei.

Lembaga Survey Indonesia (LSI) terbaru merekam keterpilihan  Zul–Suhaeli menjadi yang tertinggi dengan raihan 50.5 persen. Raihan tersebut mengalahkan pasangan Iqbal–Dinda 11,6 persen, Rohmi-Firin 10,4 persen dan Fathul-HMS 5 persen.

“ Zul–Suhaeli  terus menguat dan menjadi Top Survei. Iqbal-Dinda stabil, sementara Rohmi – Firin dan Fathul – HMS melemah,” sebut LSI dalam hasil surveinya.

LSI mencatat, Dr. Zul selalu unggul dalam setiap simulasi dengan siapa pun pendampingnya. Bahkan pada saat berdampingan dengan Hj Rohmi, atau sebelum Hj. Rohmi memutuskan memutar haluan maju sebagai Bacagub berdampingan dengan HW Musyafirin persentase keterpilihannya sangat baik.

” Bisa jadi keputusan ini mengubah pandangan pemilih (responden) terhadap Rohmi, sehingga berimbas pada persentase keterpilihannya yang sedikit tergerus,” tulis LSI.

Survei LSI ini dilaksanakan pada periode akhir Mei 2024. Survei menggunakan metode wawancara terhadap 1620 responden, dengan margin of error sekitar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya hasil survey KedaiKopi juga merilies dimana survei  Dr. Zul menguat jika dipasangkan dengan figur manapun juga.

Menariknya, lembaga ini dalam sesi wawancaranya dengan responden  menanyakan “Jika pemilihan Gubernur dilaksanakan hari ini, siapa sosok yang tepat menjadi Gubernur NTB?” 52,3 persen memilih Dr. Zul. (**)