oleh

KSB Menuju Smart City

SUMBAWA BARAT – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki komitmen serius dalam upaya meningkatkan  pelayanan kepada masyarakat. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mewujudkan program Sumbawa Barat menuju Smart City (Kota Cerdas). Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa Barat, Ibrahim, kepada wartawan, Senin (30/01/2023).

“Untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat akan segera mewujudkan melalui program Smart City ” ujarnya.

“Kami membangun smart city dalam rangka membantu mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat agar segera terwujud melalui cara yang cerdas,” imbuh Ibrahim.

Pengembangan konsep Smart City di Kabupaten Sumbawa Barat akan dilakukan secara bertahap, sesuai Master Plan Smart City kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2023 – 2032 yang telah disusun sebelumnya bersama Kementerian Kominfo, melalui program Gerakan Menuju Kota Cerdas yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan layanan masyarakat yang lebih baik, transparan dan akuntabel, meningkatkan efisiensi dan efektifitas di berbagai kegiatan dan layanan, meningkatkan standar dan kualitas kehidupan, meningkatkan aktifitas ekonomi dan daya saing serta untuk meningkatkan daya tarik Kabupaten Sumbawa Barat di mata masyarakat, pengusaha, investor serta wisatawan sebagai kota yang layak untuk menetap, bekerja, dan berwisata.

Menurutnya, perkembangan konsep teknologi Industri 4.0 yang semakin meluas harus bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dalam meningkatkan pelayanannya, terutama kepada masyarakat.

Salah satu Kandidat Quick Win Master Plan dalam dimensi Smart Society adalah segera mengembangkan Sistem Informasi atau aplikasi PDPGR Dalam Satu Data yang nantinya akan memudahkan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. tutupnya.(ADV)