oleh

Oktober, Groundbreaking Smelter Dimulai

Proses pembangunan Smelter di KSB masih dalam tahap pembangunan tempat tinggal pekerja. Oktober akan dimulai groundbreaking smelter.

SUMBAWA BARAT – Proses pembangunan pabrik pemurnian emas (Smelter) di Kabupaten Sumbawa Barat kini masih dalam tahap pembangunan
tempat tinggal pekerja.

Bupati Sumbawa Barat H W Musyafitin mengatakan, Oktober 2022 direncanakan untuk kegiatan groundbreaking.

“Itu merupakan hasil rapat terakhir Pemda dengan investor,” ungkap Bupati Sumbawa Barat, Dr H W Musyafirin, MM kepada wartawan, Kamis (9/6) usai sidang paripurna di DPRD KSB.

Lanjut H Firin sapaan akrab Bupati KSB, untuk pembebasan lahan smelter seluas 170 hektar yang sempat ada masalah, Alhamdulillah dalam perkara itu Pemda menang sehingga dapat menguasai lahan tersebut karena mengacu kepada keputusan MA.

Kemudian di kawasan industri, sambung H Firin, saat ini tengah dilakukan pembangunan camp pekerja yang selanjutnya berjalan hingga peletakkan batu pertama seperti yang telah di jadwalkan.

Selain itu, H Firin juga mengatakan bahwa belum lama ini, pihaknya menggelar rapat dengan perusahaan. Pemerintah Daerah diminta untuk memfasilitasi menyiapkan lahan seluas 850 hektar untuk keperluan industri turunan dari keberadaan smelter itu sendiri.

“Kita butuh 400 hektar lagi karena sebagiannya sudah ada. Nah, terhadap kekurangan ini, kami akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat,” demikian H Firin .