Seorang Pasien Suspect COVID-19 di KSB Meninggal Dunia

SUMBAWA BARAT, SP – Seorang pasien suspect Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meninggal dunia pada Rabu 20 Januari 2021. Pasien berjenis kelamin perempuan berinisial S (56 Tahun) itu warga kelurahan Sampir, Kota Taliwang.

Yang bersangkutan meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit Asy – Syfa Taliwang dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Al Muhajirin Sampir dengan protokol penanganan jenazah Covid-19. Prosesi pemakaman dilaksanakan sekitar pukul 09.40 Wita oleh empat orang petugas dengan APD lengkap dikawal oleh personel Kepolisian dan TNI.

Camat Taliwang, Kapolsek dan Lurah Sampir beserta sejumlah keluarga almarhumah terlihat hadir di lokasi pemakaman. Namun mereka dilarang untuk masuk ke area pemakaman oleh petugas yang berjaga.

Prosesi pemakaman pasien suspect Covid-19 di TPU Al-Muhajirin Kelurahan Sampir, Kecamatan Taliwang.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat, H Tuwuh, mengatakan pasien dimaksud sebelumnya sudah diambil sampel swab namun hasilnya belum keluar.

“Untuk lebih jelasnya silahkan langsung ke Direktur RSUD Asy-Syfa,” ujarnya.

Sementara Direktur RSUD Asy-Syifa, dr Carloff Sitompul, mengatakan, pihaknya tidak ingin berspekulasi mengenai penyebab kematian pasien dimaksud. Ia hanya menyatakan, sejak masuk pada hari Minggu lalu pihaknya telah telah melakukan berbagai upaya penanganan dan pengecekan termasuk pengambilan sampel swab untuk kebutuhan deteksi Covid-19.

“Hari Senin beliau kami swab. Nah apakah beliau kemudan positif atau tidak, kami tidak mau berspekulasi. Kita tunggu saja hasil lab-nya diumumkan resmi oleh (Satgas) provinsi,” ucapnya.

Selain S, dr Carlof mengakui, pihak keluarga yang merupakan kontak erat (suami) S, juga ada yang turut di rawat di RSUD Asy-Syifa hingga saat ini. Yang bersangkutan hampir bersamaan waktunya masuk rumah sakit untuk menjalani perawatawan dengan Almarhumah.

“Iya ada kerabat beliau yang masih kami rawat, saat ini masih dalam perawatan medis,” pungkas dr Carlof.(SP)